Barang yg terbaik adalah barang yg kau miliki sekarang, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya

Kata-kata itu benar-benar saya terapkan untuk belajar ios development, bahkan sekarang sudah menjadi developer IOS pun saya masih menggunakan windows dan laptop teman sejati saya semenjak awal kuliah S1 dulu, yg sampai sekarang masih tahan banting aja, walaupun saya agak kasar dalam menggunakannya,,Smile with tongue out.

Ini spek laptop kesayangan ane

image

mau nambah ram jd 8 gb sih, tp katanya msi cx420 gk support ram diatas 8GB. klo bisa pasti lebih wusss lagi, jg dilengkapi dengan SSD 128GB , yg membuat laptop ini tahan bantingPunch

Alasan saya masih menggunakan windows dan laptop biasa bukan macbook, adalah karena selain mac yang harganya selangit dibandingkan laptop biasa juga karena dengan windows saya bisa melakukan semuanya yg saya mau, mulai dari internet gratis dengan SSH, bisa sharing wifi jg di windows, (tinggal “netsh wlan start hostednetwork” di cmd jd deh laptop sebagai access point), dan di windows juga bisa nonton tv, tanpa perlu beli tv tuner khusus mac yg cukup mahal harganya, terus colokan usbnya jg banyakan laptop saya deh,,Open-mouthed smile.

Terus gimana donk menjalankan xcode(IDE untuk development ios) di windows????? jawabnya dengan virtual os, saya menggunakan VMWare untuk menginstall os maverick, lalu saya instal xcode didalamnya, terus ruby untuk cocoapods dan semuanya siap untuk belajar dan bahkan membuat aplikasi IOS

untuk cara menginstal vmware dengan osx bisa ikuti tutorial disini cara install

setting di vmware

image

ini waktu vmware dan xcode dijalankan

image

walaupun hanya dengan ram 4GB tapi ini bisa jalan dengan cukup lancar mungkin karena didukung dengan SSD, memang agak sedikit ngelag sih apalagi kalau sudah buka storyboard, tapi tenang kok masih nyaman untuk dipakai coding dan membuat aplikasi, gk disarankan buat game disini ya,

Selamat belajar IOS ya, silahkan ikuti tutorial di link ini cara install, manfaatkan barang sebaik-baiknya, jangan boros,,hhe.Winking smile

